Thursday 28 April 2011

LUP / LOOP


Lup atau kaca pembesar adalah alat optic yang terdiri atas sebuah lensa cembung. Umumnya lup digunakan untuk melihat angka – angka yang sangat kecil dan banyak digunakan oleh tukang arloji untuk melihat komponen-komponen arloji yang sangat kecil.
Ukuran angular jika kita melihat benda dengan menggunakan lup adalah lebih besar daripada ukuran angular jika melihatnya langsung dengan mata. Karena itu, lup memiliki perbesaran angular.

Perbesaran lup untuk mata berakomodasi pada jarak x
Lup adalah sebuah lensa cembung dan telah kita ketahui bahwa bayangan maya, tegak, diperbesar dapat kita amati pada lup (lensa cembung) jika benda ditaruh di antara O dan F. Ukuran angular paling besar oleh mata langsung tanpa lup diperoleh jika benda diletakkan pada titik dekat mata. Ukuran angular untuk lup dengan mata berakomodasi pada jarak x ditunjukkan pada Gambar di bawah ini


Seperti telah dinyatakan pada Gambar menunjukkan bahwa untuk mata berakomodasi pada jarak x, bayangan harus terletak di depan lup sejauh x, sehingga s' = - x rumus perbesaran angular adalah

Perbesaran lup untuk mata berakomodasi maksimum
Agar mata yang mengamati benda melalui sebuah lup berakomodasi maksimum, maka bayangan harus terletak di titik dekat mata. Dengan demikian, s’ = -sn dengan sn adalah jarak titik dekat mata pengamat. Dengan demikian, x = sn, dan dengan memasukkan nilai ini ke dalam Persamaan 2.4 kita peroleh rumus lup untuk mata berakomodasi maksimum.
Perbesaran lup untuk mata tidak berakomodasi
Agar mata yang mengamati benda melalui lup tidak cepat lelah, maka lup digunakan dengan mata tidak berakomodasi. Caranya adalah dengan menempatkan benda di titik fokus lensa, sehingga sinar-sinar yang mengenai mata sejajar, seperti yang ditunjukkan pada Gambar 2.9.


Gambar 2.9 Pembentukan bayangan lup untuk mata tidak berakomodasi
Ukuran angular untuk mata tidak berakomodasi adalah
Sesuai dengan definisi perbesaran angular

0 comments:

Post a Comment